SISTEM OPRASI

Posted on 10 Januari 2012

0


ANDROID

Ibarat Rumah dengan 5 Kamar

Google Android adalah system operasi open source dan juga software khusus untuk perangkat mobile.yang membuatnya jadi special adalah pengembangan dapat memodifikasi perangkat lunak dengan kode mereka sendiri atau menggunakan google java library.

Cara termudah untuk memvisialisasikan strutur Android adalah dengan membayangkan sebuah rumah dengan lima kamar. Rumah merupakan Androiddan kamar-kamar didalamnya mewakili lima fitur inti dalam struktur Android : Application, Application Framework, Library, Android Runtime dan Linux Karnel. Sekarang, bayangkan masing-masing kamar menampung sejumlah orang tertentu. Setiap orang mewakili unsure ruang itu. Ruangan yang berbeda menyimpan sejumlah orang yang berbeda.

Application.

Ruangan pertama ini adalah semua aplikasi yang anda miliki di Android.aplikasi utama yang anda miliki adalag email client, SMS, kalender, peta, browser dan kontak telepon anda. Semua aplikasi ditulis dalam java, sehingga anda dapat memodifikasi sebanyak yang di inginkan.

Application Framework.

Sebagai seorang pengembang, anda akan memiliki acces untuk API yang di gunakan aplikasi inti. Android dirancang agar aplikasi apapun dapat mempublikasikan kemampuannya. Salah satu hal terbaik tentang google Android adalah bagaimana mudahnya menuliskan kode. Android memiliki serangkaian luas tampilan dan pemrograman yang jauh lebih mudah di banding OS lain.

Library.

Android memiliki satu set library inti yang menjalankan aplikasi. Seperti biasa, pengembang dapat langsung mengaksesnya. Beberapa library inti termaksuk FreeType, SQLite, LibWebCore, dan SGL.

Lunux Kernel.

Terakhir, kita memiliki Lunux Karnel.ruang ini berisi setidaknya keypad,WiFi, Kamera, dan driver Karnrl Linux mengayomi semua struktur internal Android dalam satu paket. Dia seperti motor pendukung antara hardware dan software.

Sejarah Android

Google mengakuisisi Android, INC.

Kisaran 2005, Google membeli Android, Inc, sebuah perusahaan kecil yang beru saja tumbuh yang berbasis di Palo Alto,California. Beberapa orang masuk di situ pernah bekerja di Google, seperti Rich Miner, Wakil pendiri Wilfire Communication, kemudian Andi Rubin, pendiri Danger (perusahaan jasa perangkat lunak ),Chris White, insinyur di Webtv, dan Nick Sears, Mantan VP di T-mobile.

Rubin dan kawan-kawannya mulai mengembangkan system  oprasi linux untuk ponsel dan perangkat mobile lainnya. Target utama mereka adalah pengembang hanset dan operator.

Menurut informasi pihak google, langkah akuisisi merupakan ide cermelang. Sepanjang sejarah Google, itu merupakan langkah tepat dan paling menguntungkan perusahaan.

Secara tidak langsung Andy Rubin, sebagai penemu Android turut serta menjadi bagian dari sejarah produk Google, sekaligus punya tanggung jawab terhadap kelangsungan system operasi open source tersebut. Bersama dengan tinnya, Rubin mempu menunjukan bahwa mereka dapat membuat Android jadi pusat perhatian saat itu.

Pada awalnya David Lawee yang menjabat sebagai vice president of corporate development, sempat ragu dengan keputusannya. Karena selama dua tahun setelah akuisisi, Rubin belum menghasilkan imbal balik yang sepadan dari Google. Akhirnya, Lawee harus mengakat dua jempol untuk Rubin dengan mulai maraknya smartphone yang mengandalkan system oprasi Android sebagai basis dalam waktu yang tidak berselang lama.

Seperti kita pikirkan juga, mereka sukses dengan usaha tersebut. Apalagi Android adalah system yang mudah dioprasikan, cukup fleksibel dan upgradeable. Waktu terus bergulir, dan saat yang tepat bagi dunia untuk menjadi saksi masuknya Google ke pasar ponsel, saat itu segera diikuti rumor akan muncul hanset baru bermerk Google. Handset tersebut itulah Android yang kita jumpai sekarang.

Versi Android

Versi 1.0

Versi pertama Android ini dirilis 23 september 2008. Sebagai perangkat pertama 1.0 punya fitur lumayan lengkap seperti download dan update aplikasi lewat Android market, Web browser sudah support  zoom dan full HTML dan XHTML, Anda bias leluasa mengatur folder  untuk di kelompokan ke sejumlah ikon aplikasi ke satu ikon folder di home screen,fasilitar email.

Versi 1.1

Versi 1.1 rilis pada 9 febuary 2009. Versi pelengkap dari persi sebelumnya ini hanya bersifat update dari versi 1.0. beberapa fiturnya adalah fasilitas Map, Anda bias menambahkan detail dan konten ketika pengguna melakukan pencarian di Maps dan semisal local bussines, menyediakan akse ke server dan mendukung POP3, IMAP4, dan SMTP, sinkronisasi dengan aplikasi Gmail,kontak Google sinkronisasidengan aplikasi people, kalender Google sinkrinisasi dengan aplikasi calendar, Google Maps dengan latitude dan street view untuk melihat peta dan citra satelit, serta membantu arah anda di jalan dengan menggunakan GPS.

Versi  1.6 Donut

Android ini berbasis Linux Kernel 2.6.29 yang rilis 15 september 2009. Sejak versi 1.5 Android sudah menamakannya jenis makanan. Dan update pada versi ini adalah Voice Search dan teks entri telah diproses sehingga sudah support bookmarks dan history, contact, web dan beberapa search fitur yang lain.text to speech, fitur multi bahasa piano yang memungkinkan  Android untuk mengeluarkan suara. Memungkinkan pencarian lebih mudah dan aplikasi screenshot pada Android market, kamera, camcorder, dan galeri telah di update sehingga dapat mengakses kamera lebih cepat.

Versi 2.1Eclair

Versi 2.1 mengapdosi Linux Kernel yang sama dengan donut, rilis 26 oktober 2009. Beberapa upgrate-nya adalah email yang mendukung exchange, penggabungan inbox untuk browsing email dari multiple akun, support Bluetooth 2.1, hanya dengan tap kontak anda bias melakuka panggilan  SMS dan mengirim email pada kontak tersebut. Pada fitur pesan, anda dapat mencari dengan cepat semua SMS dan MMS yang tersimpan, juga fitur auto delete pesan lama jika memory pesan sudah penuh. Kamera kini telah support flash, zoom digital, scene mode, white balance, efek warna dan macro.

Versi 2.2 Froyo

Froyo hadir berbasis Linux Kernel 2.2.32 yang resmi dirilis 20 mei 2010. Beberapa fitur yang telah di upgrate adalah dukungan Microsoft Exchange, upgrate pada shortcut aplikasi browser, tether USB dan fungsionalitas WiFi hotspot, pilihan untuk menonaktifkan akses data melalui jaringan cellular, aplikasi Android market dengan batch dan fitur update otomatis.

Versi 2.3 Gingerbread

Android versi 2.3 ini dirilis 6 desember 2010. Dengan beberapa upgrade antara lain anda bias melakukan panggilan via internet untuk telepon VoIP SIP, Virtual keyboard menjadi lebih cepat, lebih intuitif ke input teks, akurasinya telah di perbaiki, juga dukungan modus suara input pada fitur copy/paste, anda cukup menekan dan tahan untuk melihat kata,menyalin,dan meletakan di tempat yang diinginkan.

Versi 3.0 Honeycomb

Honeycomb menggunakan Linux Kernel 2.6.36 yang dirilis 22 februari 2011. Android 3.0 hanya untuk tablet, dan tablet yang pertama menggunakannya adalah Motorola Xoom. Beberapa pengembangannya adalah dukungan visual yang baru dengan UI holografik. Akses cepat ke notifikasi, status dan tombol navigasi yang lembut tersedian di bagian bawah layar. Akses ke pilihan kontekstual, navigasi, widget atau dari konten di bagian layar bawah.

Versi 3.1

Android 3.1 tidak begitu banyak update, hanya penyempurnaan untuk membuat user interface yang lebih intuitif dan lebih efisien untu di gunakan. Transisi UI pada seluruh system dan seluruh aplikasi setandar telah diperbaiki.

Kelebihan dan Kekurangan Android

System Oprasi milik Google, sudah bukan barang baru, bahkan produsen local pun sudah bias mengaplikasikan pada produk mereka,mulai dari handphone hingga tablet.perkembangannya yang cukup pesat, membuat dia jadi saingan berat system operasi mobile yang sudah mapan.lahir sebagai tandingan iOS, Android menunjukan grafik perkembangan yang signifikan tetapi bukan berarti dia tidak punya kelemahan. Seperti halnya perangkat elektronik lain Android  juga punya kekurangan.

Kelbihan Android

  • Akses mudah ke Android  APP Market : pemilik Android adalah orang yang gemar utak-atik handphone, dengan Google Android APP Market anda bisa mendownload berbagai aplikasi dengan gratis.
  • Android bersifat terbuka, karena berbasis linux yang memang Open Source jadi bisa dikembangkan siapa saja.
  • Sitem oprasi yang merakyat : ponsel Android beda sekali dengan iOS, yang terbatas pada iPhone dari Apple, maka Android, punya banyak produsen, dengan gadget andalan masing-masing.
  • Mudahan dalam hal notifikasi : system oprasi ini bisa memberitahukan anda tentang adanya SMS, email atau bahkan artikel terbaru dari RSS Reader. Bahkan anda tidak akan terlewat dalam hal miscall selakipun.
  • Install ROM modifikasi: kita kadang mendapati ROM yang tidak resmi. Maksudna versi yang telah rilis tidak sesuai denga spsifikasi ponsel kita, jalan terakhir adalah modifikasi.
  • Google mania : anda Goole fan?gmail sampai Goole Reader, Android cocok sekali dengan jati diri anda yang Google Addict. Semua layanan Google bisa anda miliki dengan satu system oprasi.

Kekurangan Android

  • Terhubung dengan internet : Android bisa dibilang sangat memerlukan koneksi internet yang aktif. Setidaknya harus ada koneksi internet GPRS di daerah anda, agar perangkat siap untuk online sesuai dengan kebutuhan kita.
  • Iklan : mudag dan gratis, akan selalu di boncengi iklan. Secara tampilan memangtidak mengganggu kinerja aplikasi itu sendri, karena memang kadang beberapa dibagian atas atau bawah.
  • Android marker kurang control dari pengelola, masih terdapat malware.
  • Sebagai penyedia layanan langsung, terkadang pengguna sangat sulit sekali terhubung dengan pihak Google.

Ref : Komputet media grup

Ditandai:
Posted in: tugas gunadarma